Fakta Penting Tentang Katarak


Informasi ini dikembangkan oleh National Eye Institute untuk membantu pasien dan keluarga mereka mencari informasi umum tentang katarak. Seorang profesional perawatan mata yang telah memeriksa mata pasien dan akrab dengan riwayat medisnya adalah orang terbaik untuk menjawab pertanyaan spesifik.

Apa itu katarak?
Katarak adalah pengaburan lensa di mata yang memengaruhi penglihatan. Sebagian besar katarak berkaitan dengan penuaan. Katarak sangat umum pada orang tua. Pada usia 80, lebih dari setengah dari semua orang Amerika memiliki katarak atau menjalani operasi katarak. Katarak dapat terjadi di salah satu atau kedua mata. Itu tidak bisa menyebar dari satu mata ke mata yang lain.

Apa lensa?
Lensa adalah bagian mata yang jernih yang membantu memfokuskan cahaya, atau gambar, pada retina. Retina adalah jaringan peka cahaya di bagian belakang mata. Pada mata normal, cahaya melewati lensa transparan ke retina. Begitu mencapai retina, cahaya diubah menjadi sinyal saraf yang dikirim ke otak. Lensa harus jelas agar retina menerima gambar yang tajam. Jika lensa kabur dari katarak, gambar yang Anda lihat akan kabur.

Penglihatan normal
Seperti yang dilihat oleh orang katarak
Adegan yang sama seperti yang dilihat oleh seseorang dengan katarak

Apa yang menyebabkan katarak?
Lensa terletak di belakang iris dan pupil. Ini berfungsi seperti lensa kamera. Ini memfokuskan cahaya ke retina di bagian belakang mata, di mana gambar direkam. Lensa juga menyesuaikan fokus mata, memungkinkan kita melihat segala sesuatu dengan jelas baik dari dekat maupun jauh. Lensa sebagian besar terbuat dari air dan protein. Protein diatur dengan cara yang tepat yang menjaga lensa tetap jernih dan membiarkan cahaya melewatinya.

Tetapi seiring bertambahnya usia, beberapa protein dapat menggumpal dan mulai mengaburkan area kecil lensa. Ini adalah katarak. Seiring waktu, katarak dapat tumbuh lebih besar dan mengaburkan lebih banyak lensa, membuatnya lebih sulit untuk dilihat. Peneliti menduga ada beberapa penyebab katarak, seperti merokok dan diabetes. Atau, mungkin protein dalam lensa hanya berubah dari keausan yang diperlukan selama bertahun-tahun.

Bagaimana katarak memengaruhi penglihatan?
Katarak terkait usia dapat mempengaruhi penglihatan Anda dalam dua cara: Gumpalan protein mengurangi ketajaman gambar mencapai retina. Lensa sebagian besar terdiri dari air dan protein. Ketika protein menggumpal, itu mengaburkan lensa dan mengurangi cahaya yang mencapai retina. Keruh mungkin menjadi cukup parah untuk menyebabkan penglihatan kabur. Kebanyakan katarak yang berkaitan dengan usia berkembang dari penggumpalan protein. Ketika katarak kecil, kekeruhan hanya memengaruhi sebagian kecil lensa. Anda mungkin tidak melihat adanya perubahan dalam visi Anda. Katarak cenderung "tumbuh" perlahan-lahan, jadi penglihatan memburuk secara bertahap. Seiring waktu, area berawan di lensa mungkin menjadi lebih besar, dan ukuran katarak dapat meningkat. Melihat mungkin menjadi lebih sulit. Visi Anda mungkin menjadi lebih kusam atau kabur.

Lensa bening perlahan berubah menjadi warna kekuningan / kecoklatan, menambahkan warna kecoklatan pada penglihatan. Saat lensa bening perlahan-lahan berubah warna seiring bertambahnya usia, penglihatan Anda secara bertahap mungkin memperoleh warna kecoklatan. Pada awalnya, jumlah pewarnaan mungkin kecil dan mungkin tidak menyebabkan masalah penglihatan. Seiring waktu, peningkatan pewarnaan dapat membuatnya lebih sulit untuk membaca dan melakukan kegiatan rutin lainnya. Perubahan bertahap dalam jumlah pewarnaan ini tidak memengaruhi ketajaman gambar yang ditransmisikan ke retina. Jika Anda memiliki perubahan warna lensa lanjut, Anda mungkin tidak dapat mengidentifikasi warna biru dan ungu. Anda mungkin mengenakan apa yang Anda yakini sebagai kaus kaki hitam, hanya untuk mengetahui dari teman bahwa Anda mengenakan kaus kaki ungu.

Kapan Anda kemungkinan besar menderita katarak?
Menurut Artria stilah "terkait usia" sedikit menyesatkan. Anda tidak harus menjadi warga negara senior untuk mendapatkan jenis katarak ini. Bahkan, orang dapat memiliki katarak terkait usia di usia 40-an dan 50-an. Tetapi selama usia paruh baya, sebagian besar katarak berukuran kecil dan tidak memengaruhi penglihatan. Setelah usia 60 tahun kebanyakan katarak menyebabkan masalah dengan penglihatan seseorang.

Siapa yang berisiko terkena katarak?
  • Risiko katarak meningkat seiring bertambahnya usia. Faktor risiko lain untuk katarak meliputi:
  • Penyakit tertentu (misalnya, diabetes).
  • Perilaku pribadi (merokok, penggunaan alkohol).
  • Lingkungan (paparan sinar matahari ultraviolet yang berkepanjangan).
  • Apa saja gejala katarak?

Gejala katarak yang paling umum adalah:
  • Visi berawan atau buram.
  • Warna tampak pudar.
  • Silau. Lampu depan, lampu, atau sinar matahari mungkin tampak terlalu terang. Halo dapat muncul di sekitar lampu.
  • Visi malam yang buruk.
  • Penglihatan ganda atau banyak gambar dalam satu mata. (Gejala ini bisa hilang saat katarak membesar.)

Perubahan resep yang sering terjadi pada kacamata atau lensa kontak Anda.
Gejala-gejala ini juga bisa menjadi pertanda masalah mata lainnya. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, tanyakan kepada profesional perawatan mata Anda.

Apakah ada berbagai jenis katarak?
Iya nih. Meskipun sebagian besar katarak berkaitan dengan penuaan, ada beberapa jenis katarak lainnya:
  • Katarak sekunder. Katarak dapat terbentuk setelah operasi untuk masalah mata lainnya, seperti glaukoma. Katarak juga dapat berkembang pada orang yang memiliki masalah kesehatan lain, seperti diabetes. Katarak terkadang dikaitkan dengan penggunaan steroid.
  • Katarak traumatis. Katarak dapat berkembang setelah cedera mata, kadang-kadang bertahun-tahun kemudian.
  • Katarak bawaan. Beberapa bayi dilahirkan dengan katarak atau berkembang di masa kanak-kanak, sering di kedua mata. Katarak ini mungkin sangat kecil sehingga tidak mempengaruhi penglihatan. Jika ya, lensa mungkin perlu dilepas.

Radiasi katarak. Katarak dapat berkembang setelah terpapar beberapa jenis radiasi.
Bagaimana cara mendeteksi katarak?
Katarak terdeteksi melalui pemeriksaan mata komprehensif yang mencakup: Tes ketajaman visual. Tes grafik mata ini mengukur seberapa baik Anda melihat di berbagai jarak.
Pemeriksaan mata melebar. Tetes ditempatkan di mata Anda untuk melebarkan, atau melebarkan, pupil. Profesional perawatan mata Anda menggunakan lensa pembesar khusus untuk memeriksa retina dan saraf optik Anda untuk melihat tanda-tanda kerusakan dan masalah mata lainnya. Setelah ujian, penglihatan jarak dekat Anda mungkin tetap kabur selama beberapa jam.
Tonometri. Instrumen mengukur tekanan di dalam mata. Tetes mati rasa dapat diterapkan pada mata Anda untuk tes ini. Profesional perawatan mata Anda juga dapat melakukan tes lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang struktur dan kesehatan mata Anda.

Bagaimana cara mengobati katarak?
Gejala katarak dini dapat ditingkatkan dengan kacamata baru, pencahayaan lebih terang, kacamata hitam anti-silau, atau lensa pembesar. Jika langkah-langkah ini tidak membantu, operasi adalah satu-satunya perawatan yang efektif. Pembedahan melibatkan pengangkatan lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa buatan.

Katarak perlu dihilangkan hanya ketika kehilangan penglihatan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, seperti mengemudi, membaca, atau menonton TV. Anda dan profesional perawatan mata Anda dapat membuat keputusan ini bersama. Setelah Anda memahami manfaat dan risiko operasi, Anda dapat membuat keputusan tentang apakah operasi katarak tepat untuk Anda. Dalam kebanyakan kasus, menunda operasi katarak tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata Anda atau membuat operasi lebih sulit. Anda tidak harus terburu-buru menjalani operasi.

Terkadang katarak harus dihilangkan meskipun tidak menyebabkan masalah dengan penglihatan Anda. Sebagai contoh, katarak harus dihilangkan jika mencegah pemeriksaan atau pengobatan masalah mata lain, seperti degenerasi makula terkait usia atau retinopati diabetik. Jika Anda memilih operasi, profesional perawatan mata Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis untuk menghilangkan katarak. Jika Anda memiliki katarak di kedua mata yang membutuhkan pembedahan, pembedahan akan dilakukan pada setiap mata pada waktu yang berbeda, biasanya terpisah empat minggu.

Subscribe to receive free email updates: